Wednesday, November 14, 2012

Sekolah Rakyat


Ditengah maraknya fenomena kehadiran sekolah-sekolah swasta yang canggih dan modern dengan pengenaan biaya pendidikan yang melangit, belum ada satu gerakan dan gebrakan mulia untuk membangun sekolah rakyat dengan layanan pendidikan berkualitas tinggi dan ramah biaya.

Institusi pendidikan jelas dibutuhkan di dalam proses perjalanan suatu bangsa dan negara dalam mencetak kualitas sumber daya manusia yang cerdas, produktif dan bermoral. Bila tren yang berlaku dalam dunia (bisnis) pendidikan cenderung mengarah kepada pemujaan kepentingan materialisme semata, dikhawatirkan institusi pendidikan akan tergelincir dari maksud dan tujuan utamanya.

Ketika hak untuk mengenyam pendidikan yang berkualitas dibatasi oleh dinding-dinding angkuh berbiaya tinggi, kemana lagi harapan untuk mencerdaskan rakyat akan disandarkan? Bila dahulu ada tokoh-tokoh intelektual yang peduli akan nasib pendidikan rakyat Indonesia, namun kini serasa sulit mencari sosok yang tepat di era zaman yang berlomba-lomba mengagungkan harta dan kuasa.

sekolah rakyat
http://tinyurl.com/sekolahrakyat
Sekolah Rakyat menjadi sebuah kebutuhan strategis dalam menjawab perkembangan zaman. Setelah lama Indonesia merdeka, pengelolaan sumber daya alam yang begitu kaya akan nilainya, baik di darat maupun di laut belum juga mampu menciptakan kemakmuran dan kesejahteraan kepada seluruh rakyatnya.

Ada yang salah dengan sistem pendidikan selama ini yang membiarkan jurang kesenjangan terbentang lebar. Idealisme nusantara dan jiwa patriotisme tanah air terkikis oleh budaya individualisme yang materialistik. Ikatan persatuan dan kesatuan yang harmonis dalam lingkup nuansa tenggang rasa dan solidaritas sosial kian melonggar hanya demi mengejar misi pribadi dan kepentingan sekelompok kecil.

Sekolah Rakyat diharapkan bisa menjadi rumah pertiwi. Memintarkan segenap masyarakat dalam membangun kembali budaya luhur nan agung. Sebuah protoype perlu segera dibuat agar dapat diduplikasi ke berbagai belahan tumpah darah Indonesia. Sebuah wadah pembelajaran kolektif untuk menstransfer berbagai macam ilmu pengetahuan, keterampilan dan keahlian. Tujuan yang akan dicapai adalah membangun masyarakat cerdas dan produktif  yang mampu mengelola kekayaan sumber daya alam untuk kesejahteraan masal tanpa merusak harmonisasi antar mata rantai kehidupan.

Keseimbangan kecerdasan akal dan jiwa (hati nurani) akan dapat mendorong masyarakat untuk  memperbaiki sistem ekonomi yang eksploitatif serta merugikan sesama manusia dan alam lingkungan. Sebuah Sekolah dengan visi kebangsaan dimana rakyat selaku komponen berbangsa menjadi pilar utama pembangunan nasional. Menghapus kesenjangan. Menyebarkan kemakmuran dan keadilan dalam menyambut Indonesia baru yang maju, hangat, toleran dan simpatik.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kumpulan Postingan DUNIA KITA

Kaos Wayang SASONO RINGGIT