Thursday, November 15, 2012

Pemanfaatan dan Pengelolaan Lahan (Tanah)

Tak bisa dipungkiri bahwasanya tanah adalah anugerah ilahi yang berharga. Dibeberapa tempat nilai tanah dapat  mencapai sedemikian tingginya, 1 meter bisa dihargai jutaan, puluhan juta bahkan hingga ratusan juta rupiah, khususnya di kawasan megapolitan (kota-kota besar). Sekalipun banyak juga fakta ditemui disebagian pelosok-pelosok daerah kampung dan terpencil lainnya harga tanah masih begitu murah, semeter dapat ditebus dengan harga ratusan atau ribuan rupiah.

tanah
http://tinyurl.com/PemanfaatanDanPengelolaanTanah
Kian modernnya kehidupan menuntut penggunaan pemanfaatan serta pengelolaan tanah yang efektif dan efisien. Manusia perlu memilah-milah pembagian tanah yang akan difungsikan untuk : perumahan (tempat tinggal), perkantoran, daerah industri, bisnis (perbelanjaan) dan perdagangan, pertanian, perkebunan, peternakan dan kepentingan pembudidayaan lainnya.

pertanian
http://tinyurl.com/TanahUntukPertanian
Tanah menjadi sumber penyediaan kebutuhan pokok manusia akan sandang (secara tidak langsung), pangan dan papan. 

Beruntunglah suatu negara yang memiliki tanah dengan lahan yang luas lagi subur. Jumlah penduduk yang besar akan menuntut kebutuhan makanan dan perumahan yang besar pula. Krisis makanan dan perumahan masih banyak menghantui serta mengancam kelangsungan kehidupan masyarakat dunia.

perkebunan
http://tinyurl.com/BudidayaStrawberi
Pemanfaatan serta pengelolaan tanah yang baik di Indonesia belumlah optimal. Tak sedikit ditemui kesulitan masyarakat dalam memperoleh rumah yang layak huni di kota. Sementara itu, pada sisi lain banyak lahan terlantar yang tidak dikelola, diabaikan begitu saja.

Yang perlu diperhatikan kini adalah pengelolaan tanah selaku sumber pangan dan papan terlebih dahulu. Suatu area perlu dibuat, diperuntukkan dan ditata kelola agar dapat berfungsi sebagai penyedia makanan yang berkesinambungan. Perhatian terhadap kegiatan pertanian, perkebunan, kehutanan dan peternakan perlu mendapat prioritas khusus dengan mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung serta penunjang guna melancarkan aktivitas operasional sehingga kemandirian di dalam penyediaan kebutuhan makanan yang bersumber dari dalam negri dapat terus terjaga tingkat dan skala produksinya tanpa harus bergantung pada fasilitas impor perdagangan dengan luar negri.

Begitupula menyangkut kebutuhan akan perumahan. Penggunaan lahan untuk perumahan (model bertingkat / rumah susun guna mengatasi lahan sempit), perkantoran, industri (bisnis dan perdagangan), konservasi lingkungan dan area hiburan masyarakat,  harus ditata dengan baik dan proporsional agar tidak terjadi kesimpangsiuran di dalam menjalankan aktivitas kehidupan sehari-hari antar anggota warga masyarakat. Dengan demikian kualitas hidup dapat meningkat.

http://tinyurl.com/TataKelolaKota
Sebuah paradigma (pemikiran pandangan) baru mengenai tata kelola penggunaan dan pemanfaatan tanah yang dimanagemeni dengan baik menjadi agenda pembangunan yang layak diajukan. Sehingga tak kan ada lagi tanah menganggur tanpa dikelola secara produktif !

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kumpulan Postingan DUNIA KITA

Kaos Wayang SASONO RINGGIT