Sunday, September 23, 2012

Tanaman Obat : Jeruk Nipis

Jeruk Nipis (Citrun Clurantifolia) dikenal dengan nama lain : Lime (Inggris) , Jeruk pecel (Jawa) dan Limau asam (Sunda). Buahnya banyak mengandung asam sitrun dan vitamin C. Jeruk nipis banyak dipakai untuk membuat wedang jeruk - air perasan jeruk nipis ditambahi air dan gula serta es, rasanya asam manis lagi segar.

Lime
http://tinyurl.com/freshlime
 
Pohon jeruk nipis tumbuh subur di dataran rendah yang mempunyai musim kemarau panjang. Untuk menanam jeruk nipis umumnya lebih disukai dengan cara mencangkok atau okulasi karena menanam dengan menggunakan biji akan lama berbuahnya.

jeruk nipis
http://tinyurl.com/jeruknipis

Jeruk Nipis sebagai bahan obat sederhana cukup banyak digunakan untuk obat batuk rejan, amandel, malaria, dan kurap. Penyakit lain yang dapat diobati : ambeien, sesak napas, influenza, sakit panas, sembelit, terlambat haid dan perut mulas karena haid, disentri, mual, lelah, bau badan, keriput wajah, mencret, biduran, encok atau pegal linu serta masuk angin.

Selain itu jeruk nipis dapat pula digunakan sebagai bumbu penyedap masakan dan mencuci barang-barang dari kuningan yang terkena karat.


Sumber :
Buku Tanaman Obat , disusun oleh Ati Ratiwi



Baca Juga :
Tanaman Obat
Tanaman Obat : Jahe

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kumpulan Postingan DUNIA KITA

Kaos Wayang SASONO RINGGIT