Tuesday, September 25, 2012

Tanaman Obat : Lidah Buaya

Tumbuhan Lidah Buaya (Aloe Vera) tak hanya populer di Indonesia, melainkan juga di Eropa dan Amerika sejak ratusan tahun silam. Nama lain untuk lidah buaya : Crocodiles Tongues (Inggris) , Jadam (Malaysia) , Salvila (Spanyol) , dan Lu Hui (Cina).

lidah buaya
http://tinyurl.com/tumbuhanobatlidahbuaya
Lidah buaya tumbuh di tempat yang berhawa panas. Ada yang menanam di pot dan pekarangan rumah sebagai tanaman hias, adapula yang menanamnya di kebun sebagai lahan bisnis karena banyak diminati untuk dijadikan bahan baku sampo.

Aloe Vera
http://tinyurl.com/lidahbuaya-aloevera

Untuk menanam lidah buaya dalam pot, sebaiknya gunakan pot yang terbuat dari tanah. Sebelum ditanami, berikan pecahan bata merah atau genting dibagian dasar dengan jarak ketinggian kira-kira 1/5. Campurkan tanah dengan kompos dan pasir dalam perbandingan yang sama.

Sebagai bibit, pilihlah potongan akar yang mempunyai bakal tunas, karena dari akar inilah akan tumbuh menjadi tanaman induk.

Daun lidah buaya banyak dimanfaatkan karena mengandung getah dan lendir yang terdiri dari persenyawaan kimia aloin dan aloe emodin. Penyakit yang dapat diobati dengan daun lidah buaya : obat sesak napas, obat batuk, sakit kepala, pusing, sembelit, kejang dan cacingan pada anak, kurang gizi, kencing manis, wasir serta muntah darah.

Lendir daun juga biasa dipakai sebagai obat pencuci sekaligus penyubur rambut.


Sumber :
Buku Tanaman Obat , disusun oleh Ati Ratiwi



Baca Juga :
Tanaman Obat
Tanaman Obat : Jahe
Tanaman Obat : Jeruk Nipis

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kumpulan Postingan DUNIA KITA

Kaos Wayang SASONO RINGGIT