Monday, August 27, 2012

Kecerdasan Spiritual


Kecerdasan Spiritual atau jiwa sudah sangat sering kita dengar dengan sebutan Spiritual quotient (SQ). Lalu, apakah kita sudah memilikinya? Dan bagaimana cara untuk membangun kecerdasan ini?

spiritual
http://tinyurl.com/kecerdasanspiritual
Ada tiga tipe kecerdasan yang dikenal. Selain tipe kecerdasan yang tersebut di atas, ada juga kecerdasan emosional atau Emotional Quotient (EQ) dan kecerdasan intelektual atau Intelligence Quotient (IQ). Ketiga hal tersebut pada dasarnya memiliki arti tersendiri. Akan tetapi, untuk pencapaian kesuksesan yang menyeluruh, sangat diperlukan keseimbangan kombinasi di antara ketiganya. 



Untuk kali ini yang akan kita bahas adalah SQ. Dibanding kecerdasan yang lainnya, SQ memiliki peranan paling penting dalam kehidupan manusia. Dengan memilikinya, seseorang akan mampu memahami makna dan nilai kehidupan itu sendiri. Ia dapat secara spontan menempatkan diri pada situasi tertentu. Kreatif, jujur, fleksible, spontan, menghargai orang lain serta memiliki visi dan misi adalah beberapa contoh wujud kecerdasan ini. 




Dengan ciri-ciri tersebut, seseorang akan lebih mudah menyesuaikan dirinya pada situasi atau lingkungan baru. Secara perlahan dan tanpa dipaksakan, hubungan antar sesama manusia akan terjalin dengan baik. Kecerdasan jiwa ini sangat penting perananya dalam kehidupan manusia. Dengan kombinasi yang tepat antara kecerdasan jiwa, intelektual dan emosi, seseorang akan mampu memberikan nilai-nilai positif dalam dirinya untuk orang lain. Ia tidak hanya memiliki ilmu tinggi dan juga emosi atau ambisi yang kuat untuk mencapai kesuksesan. Namun ia juga memiliki kesadaran diri terhadap lingkungannya.




Tidak harus bagi kita untuk menjalani sebuah pendidikan formal yang lama untuk mencapai tingkat kecerdasan jiwa yang baik. Ada banyak hal kecil yang bisa kita lakukan seperti membantu orang lain, bersikap jujur, sigap dalam menghadapi berbagai macam situasi dan sebagainya. Perlahan, asalkan terus dilakukan, maka kecerdasan jiwa ini akan secara alamiah tertanam pada diri kita. 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kumpulan Postingan DUNIA KITA

Kaos Wayang SASONO RINGGIT