Sunday, August 26, 2012

Lukisan Gombal yang unik dan ramah lingkungan


Apakah yang ada di benak anda saat membayangkan sebuah lukisan. Tentu dengan mudah anda akan membayangkan sebuah kanvas dengan cat minyak. Kini ada jenis lukisan yang mulai digemari karena keunikan jenis lukisan yang dihasilkan. Yaitu Lukisan Gombal, yang terbuat dari sisa-sisa kain yang sudah tidak terpakai. Meskipun terbuat dari sisa kain lukisan ini tetap indah dan menarik, tidak kalah dengan lukisan-lukisan yang biasa dibuat dengan kanvas dan cat minyak.Lukisan ini tidak hanya diminati oleh pecinta seni dalam negeri tetapi juga pecinta seni luar negeri.

paintings
Judul : Srikandi Larasati
Ukuran : 115 x 82 cm
Karya : November 2000

Teknik dasar pembuatan Lukisan Gombal adalah menempelkan sisa-sisa kain satu persatu sesuai pola gambar yang ingin dibuat. Dalam menempel kain tentu tidak boleh sembarangan. Diperlukan ketelitian dan kreatifitas untuk dapat menghasilkan gradasi warna. Semakin baik gradasi warna yang dihasilkan maka lukisan akan lebih terlihat nyata. Yang perlu diperhatikan adalah dalam pemilihan kain. Karena melukis menggunakan media beku yaitu kain yang memiliki warna yang tidak bisa diatur. Maka harus dipilih warna yang sesuai. Konon menurut seniman yang membuat, lukisan ini tahan sampai ratusan tahun. Kok bisa? Karena bahan dasar kain yang dipakai memiliki pigmentasi yang kuat dan tidak mudah luntur. Selain itu daya rekat lem juga sangat kuat, bahkan anda bisa mencuci lukisan yang terbuat dari kain ini apabila sudah mulai kotor. Tetapi tentu saja setelah dicuci harus di coating kembali menggunakan lem kertas bening.

lukisan gombal
 Judul : Pura Besakih
Ukuran : 90 x 80 cm
Karya : Januari 2000

Lukisan Gombal memiliki banyak keunggulan. Diantaranya dapat menjadi alternatif pengelolaan limbah tekstil yang dapat menghasilkan karya seni yang indah. Pemanfaatan kain-kain yang tidak terpakai merupakan gerakan untuk menjaga lingkungan. Menggunakan prinsip reuse (menggunakan kembali) dan recycle (mendaur ulang). Lukisan yang dihasilkan memiliki harga yang cukup tinggi berkisar hingga jutaan rupiah. Tentu saja nominal menjadi tidak penting bagi para penikmat seni. Lukisan dari kain gombal ini dipopulerkan oleh
H.Didit Sardjo
Beliau adalah tokoh yang memperkenalkan lukisan ini kepada masyarakat. Kini teknik lukisan ini sudah dipatenkan di Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia. Apakah anda tertarik untuk membuat lukisan serupa, silahkan ikuti workshop yang diselenggarakan oleh Pak Didit, Selamat berkarya.

lukisan gombal
 Judul : Triwikrama
Ukuran : 145 x 92 cm
Karya : Mei 2008




Baca Juga :
 Lukisan Gombal (Quilt Painting)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kumpulan Postingan DUNIA KITA

Kaos Wayang SASONO RINGGIT