Monday, August 6, 2012

Batik Indah Dari Tanah Papua

"batik"

sumber: gaedegambarist.blogspot.com


Bila kita berbicara mengenai Batik, mungkin yang ada dipikiran kita  hanyalah kain batik yang berasal dari Jawa, khususnya Jawa Tengah.Akan tetapi, Batik dari Indonesia yang diakui oleh dunia sebagai salah
satu warisan budaya dunia, tidak hanya itu. Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya dan hampir disetiap pulau di Indonesia terdapat budaya yang berbeda. Oleh karena itu, tidak heran jika kita juga
menemukan seni Batik dari budaya lain, selain batik yang biasa kita temui yang berasal dari Jawa.



Batik yang berasal dari luar Jawa sangat banyak, salah satunya adalah Batik Papua. Mungkin anda tidak pernah menyangka bahwa terdapat batik yang berasal dari Papua. Sebenarnya, Batik Papua menggunakan teknik yang berasal dari Batik Jawa. Akan tetapi, Batik Papua mempunyai corak yang khas yaitu corak patung-patung dan seni khas Papua.



Batik Papua yang paling terkenal adalah Batik Asmat. Seperti yang disebutkan sebelumnya, Batik Papua menggunakan teknik yang diambil dari Batik Jawa yaitu dengan teknik melukis dengan canting. Ada banyak toko yang menjual Batik Papua ini, jadi, bila anda berkunjung dan menikmati keindahan alam Papua, Batik Papua bisa menjadi salah satu oleh-oleh yang bisa anda beli.




Salah satu toko yang menjual batik ini dan bisa juga disebut sebagai pelopor Batik Papua adalah toko Batik Port Numbay Papua yang dimiliki oleh Jimmy Affar. Jimmy Affar juga bisa dikatakan sebagai orang yang membawa seni batik ke Papua dan pelopor Batik Papua itu sendiri.



Jimmy Affar belajar batik di Jawa dan setelah menguasai semua teknik batik, dia pulang ke Papua dan mencoba mengaplikasikan teknik dan pengetahuan yang dia dapat dengan seni dan budaya asli Papua. Selain Batik Asmat, ada juga jenis Batik Papua yang lainnya. Contohnya, ada Batik Fak-Fak yang memiliki motif alat musik tradisional Papua yaitu Tifa. Ada juga Batik Nawera dengan motif buaya, Batik Biak dengan motif Burung Cendrawasih dan lain sebagainya.




Alat yang digunakan untuk membatik Batik Papua sama dengan yang bisa anda temukan di Batik Jawa. Ada yang menggunakan canting dan juga Batik yang menggunakan cap.



Batik Papua bukan hanya batik yang bisa kita temukan di luar Jawa. Ada juga Batik yang berasal dari Kalimantan, Sumatera dan daerah lainnya di Indonesia yang juga mempunyai nilai seni yang tinggi dan indah.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kumpulan Postingan DUNIA KITA

Kaos Wayang SASONO RINGGIT