Sunday, August 5, 2012

SEO untuk pemula



Bagi orang yang sudah lama berkecimpung di dunia internet maka web dan blog tentu sudah tidak asing lagi. Namun apakah anda sudah tahu punya halaman web atau blog saja tidaklah cukup. Terutama bagi anda yang terjun di bidang internet marketer. Dari berjuta-juta blog dan web yang ada tentu saja persaingan akan sangat ketat. Bayangkan siapa diantara satu juta blog yang menempati peringkat teratas hasil pencarian google. Maka disini peran SEO (Search Engine Optimizer).Optimalisasi halaman web atau blog adalah strategi jangka panjang. Diperlukan kesabaran dan keuletan dan tentu saja bekal pengetahuan dasar mengenai optimalisasi web atau blog.




Berikut adalah cara yang umum dipakai untuk mengoptimalkan web anda dengan teknik SEO dasar. Anda dapat menyesuaikan isi atau konten web sebagai keyword dengan nama domain. Misalnya jika web anda berisi tentang fotografi maka anda dapat menggunakan domain www.teknikfotografi.com. Cara ini tergolong cara lama, namun hingga kini masih digunakan search engine. Penulisan keyword pada nama file juga dapat dilakukan. Misalnya anda memiliki satu halaman web dengan konten cara desain kaos. Simpan file page tersebut dengan desain-kaos.html. Langkah ini mampu mempengaruhi page rank web anda.Tulis keyword pada page title. Cara yang dapat dilakukan adalah memperhatikan tag <title> pada halaman HTML. Usahakan title yang digunakan menggunakan keyword yang relevan dengan isi. Tulis keyword pada headline web. Untuk anda yang sudah mengenal bahasa HTML cari tag <H1>,<H2>, dan seterusnya. Tag ini diperlukan dalam pemakaian judul pada paragraf. Misalnya </H1>cara desain kaos</H2>. Penulisan headline yang tepat sesuai dengan keyword utama akan dilacak dengan lebih baik oleh search engine.Perhatikan link popularity yang bertautan dengan blog atau web anda.  Link popularity adalah banyaknya jumlah halaman web atau blog lain yang memasang link ke blog anda. Semakin tinggi link popularity web anda maka semakin tinggi pula page rank web atau blog anda.



Jika anda sudah melakukan langkah-langkah di atas untuk web atau blog anda dengan benar. Bisa dipastikan web atau blog anda akan punya ranking yang lumayan di search engine. Semoga langkah dasar untuk SEO ini bermanfaat untuk anda.Selamat mencoba dan teruslah belajar meningkatkan ranking web atau blog anda.



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kumpulan Postingan DUNIA KITA

Kaos Wayang SASONO RINGGIT