Friday, November 23, 2012

Menciptakan Perubahan Melalui Komunitas

komunitas
http://tinyurl.com/Komunitas-dan-Perubahan


Komunitas adalah kumpulan dari sekelompok individu yang memiliki kesamaan minat dan tujuan. Beraktivitas di dalam suatu komunitas relatif  jauh lebih menyenangkan serta menyemangati diri karena dapat bertukar pikiran, cerita dan pandangan dengan rekan-rekan yang lain.


komunitas indonesia
http://tinyurl.com/Komunitas-Berbagi-Ilmu

Tak heran bila kini banyak bertumbuh kembang beraneka macam komunitas yang bergerak pada kegiatan sosial, pendidikan, seni budaya, hiburan dan lain sebagainya. Tak sedikitpula manfaat positif yang disumbangkan komunitas terhadap lingkungan masyarakat sekitar.
komunitas di indonesia
http://tinyurl.com/Komunitas-PengabdianMasyarakat

Misalkan kehadiran komunitas yang fokus pada pemanfaatan dan pengelolaan limbah dan sampah, komunitas yang membangun kemandirian ekonomi masyarakat (khususnya kaum marjinal), komunitas pengembangan hobi, bakat dan keterampilan yang tertuang dalam berbagai macam karya dan masih banyak lagi lainnya.


arti komunitas
http://tinyurl.com/peran-komunitas

Komunikasi lintas komunitas perlu dibangun dan dimanajemeni dengan baik dan profesional agar tercipta kerjasama yang saling mendukung serta melengkapi sehingga akan memungkinkan terjadinya proses transfer pengetahuan, keterampilan dan keahlian dalam menciptakan hubungan yang saling menguntungkan (simbiosis mutualisme).

Keterpaduan dalam berjejaring antar komunitas ini dapat menjembatani lahirnya ide-ide baru yang konstruktif, mengatasi berbagai macam kekurangan dan kelemahan inheren yang melekat serta mengumpulkan kekuatan-kekuatan yang sporadis (terpisah) ke dalam satu kekuatan kolektif.

komunitas sosial
http://tinyurl.com/Perubahan-dan-Komunitas

Ambil contoh sebuah kasus yang mencoba untuk memadukan peran komunitas pengelola sampah dan limbah, dengan komunitas pendidikan sosial-entrepreneur serta komunitas peningkatan kapasitas dan kapabilitas masyarakat. Berangkat dari mengolah limbah dan sampah yang banyak diproduksi dalam kesehari-harian hidup masyarakat menjadi output yang bernilai guna, seperti produk dan jasa tertentu, tentulah melibatkan pemahaman ilmu pengetahuan yang mendalam. Disinilah komunitas pendidikan praktis mengambil peranan utamanya dalam mengubah bentuk dari sampah dan limbah menjadi produk dan jasa yang bermanfaat. Komunitas sosial-entrepreneur akan menopang ketersediaan dana untuk pembiayaan proses transformasi dan mencari serta mengembangkan pasar (market) produk yang akan dihasilkan.

Beberapa fakta mengungkapkan bahwa banyak sampah dan limbah organik maupun anorganik dapat diubah  menjadi tas, kertas daur ulang, perabotan rumah tangga, hiasan dan souvenir, pupuk, pakan hewan dan lain sebagainya. Selain lingkungan menjadi bersih, masyarakat akan menjadi terampil dan produktif dalam menciptakan nilai tambah yang dapat mendatangkan nilai ekonomi.

Tanpa disadari saratnya problematika hidup kekinian sangat berpotensi dapat diatasi oleh kehadiran dari berbagai macam bentuk komunitas. Komunitas memiliki kekuatan produksi maupun konsumsi dan kental akan ikatan solidaritas. Sebuah pondasi moral yang sangat berharga ditengah maraknya kerakusan pribadi dan golongan dalam memperkaya diri dalam merusak tatanan keseimbangan alam dan harmoni kehidupan.

Kepada peran komunitas ada asa yang bisa diraih. Mencipta perubahan ke arah yang lebih baik !

komunitas dan perubahan
http://tinyurl.com/Jejaring-Komunitas

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kumpulan Postingan DUNIA KITA

Kaos Wayang SASONO RINGGIT