Friday, October 12, 2012

4 Tipe Kepribadian

Jauh sebelum masehi, Hippocrates membuat 4 watak mendasar manusia, yaitu : Sanguinis yang spontan, lincah dan periang , Melankolis yang penuh pemikiran, setia dan tekun , Koleris yang suka akan petualangan, persuasif dan percaya diri serta Phlegmatis yang damai, ramah dan sabar.

kepribadian
http://tinyurl.com/4TipeKepribadian


Keempat watak di atas dapat berdiri sendiri ataupun saling memadu dan melengkapi dalam bahagian-bahagian tertentu, tergantung mana yang paling dominan dan mendominasi.

Apabila dipetakan karakteristik dari masing-masing watak dapat membentuk 4 tipe kepribadian :

I. Sanguinis Populer  
[Ekstrovert - Pembicara - Optimis]

Kepribadiannya menarik, gemar berbicara dan kerap memukau para pendengarnya. Begitu antusias, ekspresif, energik, spontan, periang dan penuh semangat. Berhati tulus, lugu, polos dan kekanak-kanakan. Mudah berteman, aktif sebagai sukarelawan, kreatif dan inovatif. Pesona dirinya mengilhami orang untuk bekerjasama.   

II. Melankolis Sempurna 
[Introvert - Pemikir - Pesimis]
Mendalami perenungan dalam kesadaran tinggi dan penuh pemikiran analitik. Menunjukkan bakat dan kreatifitas unik di bidang artistik, musik, filosofi dan puisi. Perasa dan mudah iba, suka berkorban, menghargai keindahan. Serius dan tekun, cenderung jenius, idealis, perfeksionis dengan standar tinggi. Berorientasi jadwal, tertib dan terorganisasi, sadar perincian, ekonomis, gigih dan cermat, suka keteraturan dan kerapihan. Mendorong intelegensi dan bakat.

III. Koleris Kuat
[Ekstrovert - Pelaku - Optimis]
Berbakat pemimpin, dinamis dan aktif, sangat memerlukan perubahan. Berkemauan kuat dan tegas, tidak mudah patah semangat, bebas dan mandiri. Penuh keyakinan serta rasa percaya diri yang kuat, bisa menjalankan apa saja. Berorientasi target, terorganisasi dengan baik, bergerak cepat dalam bertindak, mencari pemecahan praktis. Mendelegasikan pekerjaan dan berkembang karena persaingan.

IV. Phlegmatis Damai
[Introvert - Pengamat - Pesimis]
Kepribadiannya yang rendah hati, mudah bergaul dan santai membuatnya cocok untuk menjadi penengah dalam suatu masalah. Menghindari konflik. Simpatik, baik hati, diam, tenang dan sabar memampukannya menjaga keseimbangan. Cakap dan mantap dalam bekerja sehingga serba guna.



Sumber : Buku Kepribadian Plus (Personality Plus) , karya Florence Littauer

personality
http://tinyurl.com/bukukepribadian




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kumpulan Postingan DUNIA KITA

Kaos Wayang SASONO RINGGIT