Sunday, September 9, 2012

Vegetarian [i]

Ada beberapa alasan yang mendasari mengapa seseorang memilih untuk menjadi vegetarian :
a) Keyakinan Agama
b) Kesadaran dan keinginan agar dapat tampil awet muda
c) Kesehatan fisik dan perkembangan kejiwaan


vegan
http://tinyurl.com/vegetariansinmotion

Vegetarian dapat dikelompokkan ke dalam 5 bagian :
1) Vegetarian Vegan
Kelompok vegetarian murni yang pantang menyantap hidangan berasal dari hewan, seperti daging, jeroan, susu dan telur. Sumber makanan utama kelompok ini adalah bahan nabati, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan biji-bijian.
2) Vegetarian Lacto
Kelompok ini selain menyantap hidangan dari sumber nabati, juga mengkonsumsi susu dan hasil olahannya, seperti keju, mentega dan yoghurt.
3) Vegatarian Lacto-ovo
Mirip dengan Vegetarian Lacto, hanya saja telur masih diperbolehkan untuk dikonsumsi.
4) Vegetarian Pesco
Kelompok ini selain menyantap hidangan dari sumber nabati, juga boleh mengkonsumsi ikan, baik ikan laut maupun ikan air tawar.
5. Vegetarian Fluctarian
Kelompok ini yang paling longgar dibandingkan dengan kelompok lainnya. Mereka masih bisa makan ayam goreng, sup ayam, daging olahan dan aneka unggas karena mereka hanya berpantang mengkonsumsi daging yang berwarna merah.

Pola makan vegetarian yang baik dan teratur dapat mencegah penyumbatan urat nadi jantung. Mengikuti prinsip-prinsip makanan sehat adalah sebentuk upaya dalam mencegah penyakit serta meningkatkan kekuatan tubuh

Untuk memulai pola hidup vegetarian awali dengan memusatkan pikiran dan perilaku positif terhadap diri sendiri serta pertimbangkan tujuan yang ingin dicapai melalui program vegetarian yang akan ditempuh. Komposisi makanan vegetarian yang benar dan proporsional akan memangkas lemak dan memenuhi kebutuhan tubuh akan jaminan serat (mencegah penyakit jantung koroner, kanker usus dan kanker payudara) melalui konsumsi kacang-kacangan, buah-buahan dan sayur-sayuran.



Sumber : Buku Vegetarian Untuk Kesehatan Karya Eko Purwaningsih



Baca Juga :

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kumpulan Postingan DUNIA KITA

Kaos Wayang SASONO RINGGIT