Monday, September 17, 2012

Tanaman Obat

Tumbuh-tumbuhan sangat diperlukan dalam kehidupan manusia. Berbagai macam kebutuhan hidup seperti bahan pangan, rumah untuk berteduh, pakaian dan obat-obatan dapat disediakan dan dibuat dari tumbuh-tumbuhan sejak dulu kala.

Sejak awal peradaban, manusia mengobati penyakit yang dideritanya dengan memanfaatkan tumbuhan yang ada disekitarnya. Bahkan sampai dengan hari ini pun, banyak tumbuhan yang dimanfaatkan orang sebagai bahan obat.

Alam indonesia yang subur dikenal sebagai penghasil tumbuhan obat. Ditopang dengan iklim tropis, tak ayal banyak sekali tumbuhan berkhasiat obat tumbuh di tanah air tercinta nan elok ini, seperti : tempuyung, sirih, pare, temu lawak, kunyit, kemiri, tomat, pisang kelutuk dll. Karena tumbuhan banyak memberikan manfaat dan kegunaan bagi kita, maka harus dijaga dan dipelihara untuk kepentingan manusia.

tanaman obat
http://tinyurl.com/TanamanUntukObat
Bagi para penggemar rujak, pernahkah anda bertanya, apa yang membuat rujak itu enak? Jawabannya adalah asam, tanpa asam rujak akan terasa hambar. Selain dipakai untuk bumbu rujak, asam juga digunakan selaku bumbu penyedap berbagai masakan, dapat pula diseduh menjadi wedang asam atau bisa dibuat menjadi manisan dengan dibubuhi gula. Tak sedikit pula yang menggunakan asam sebagai bahan ramuan obat tradisional.

Pada musim kemarau daun Asam Jawa (Tamarindus Indica) berguguran, di saat itulah buah asam yang sudah tua banyak dipunguti orang. Buah polong dengan rasa khas asam terdiri atas daging, buah dan biji. Bijinya yang berjumlah antara 2 hingga 5 buah ketika masih muda dagingnya berwarna putih kehijauan, namun bila sudah tua dan matang akan berubah menjadi cokelat kehitaman dan terasa lunak.

asem
http://tinyurl.com/asamjawa
Beberapa nama lokal untuk buah asam : Tamarind (Inggris), Tamarimer (Perancis), Asam Jawa (Indonesia), Celangi / Tangkal Asem (Sunda) dan Asem (Jawa).

Pohon Asam dapat tumbuh subur di daerah pantai hingga dataran tinggi. Ketinggian pohon dapat mencapai puluhan meter. Untuk menanam pohon asam, gunakan biji yang sudah tua sebagai bibitnya.

Cukup banyak penyakit yang dapat diobati dengan buah asam, baik dari buah asamnya saja maupun yang sudah dijadikan jamu. Adapun zat senyawa kimia yang dikandungnya : asam appel, asam sitrat, asam tartrat, asam malat dan berbagai macam vitamin.

Penyakit yang dapat diobati dengan asam : asma, batuk kering, demam, bisul, salesma (sariawan), cacar air, eksim, gusi meradang, encok, reumatik, bengkak disengat lipan atau lebah, gigitan ular berbisa, rambut rontok, sakit perut, alergi (biduren) dll.


Sumber Buku Tanaman Obat , Disusun Oleh Ati Ratiwi


Baca Juga :

Tanaman Obat : Jahe
Tanaman Obat : Jeruk Nipis

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kumpulan Postingan DUNIA KITA

Kaos Wayang SASONO RINGGIT