Tuesday, September 18, 2012

Tanaman Obat : Jahe

Jahe (Zingiber Officinale)

Jahe tumbuh subur di dataran rendah sampai pegunungan. Tumbuhan ini dikenal sebagai rimpang berbau harum dan terasa pedas. Nama lainnya : Jae (Jawa Timur), Jahe (Jawa Barat), Halia (Sumatera), dan Lai (Kalimantan).

Berdasarkan ukurannya, jahe dapat dibedakan menjadi :
a) Jahe Besar (Jahe Gajah)
b) Jahe Kecil (Jahe Emprit)
c) Jahe Merah (Jahe Sunti)

jahe gajah
http://tinyurl.com/jahegajah
Jahe merah sering digunakan sebagai obat karena banyak mengandung minyak atsiri. Jahe Putih Besar (Jahe Gajah) dapat dibuat "asinan jahe" dimana merupakan bahan ekspor potensial, sementara  Jahe Kecil (Emprit) dapat dibuat menjadi permen jahe, manisan, sirup, serbat dan sekoteng.

jahe merah
http://tinyurl.com/jahemerah
Jahe dapat ditanam di pekarangan rumah tanpa perlu menyita pemeliharaan khusus. Sepertihalnya tanaman berumbi lainnya untuk pertumbuhannya, jahe butuh tanah yang gembur dan subur serta cukup sinar matahari. Tumbuhan dari suku Zingi Beranceae ini umumnya ditanam orang dengan cara tumpang sari bersama-sama dengan tanaman lainnya, baik di pekarangan maupun di tegalan.

tanaman jahe
http://tinyurl.com/tanamanjahe
Untuk menanam jahe, gunakan bibit berakar rimpang dengan 3-4 mata tunas dari rimpang yang berusia sekitar 10 bulan. Pemeliharaan yang baik akan memberikan hasil panen dalam waktu beberapa bulan.

jahe
http://tinyurl.com/TanamanObatJahe
Jahe dapat digunakan sebagai obat untuk mengobati reumatik atau pegal linu yang menyerang persendian kaki, tangan maupun anggota badan lainnya. Untuk membuat ramuannya, parutlah jahe dan campur dengan minyak kayu putih sedikit, kemudian gosokkan pada bagian badan yang mengalami rasa linu.

Secara tradisonal, jahe dapat digunakan sebagai obat pencegah mual (mabuk darat, laut dan udara) serta kembung di saat menempuh perjalanan jauh.

Sebagai minuman penghangat badan dapat dibuatkan Wedang Jahe (Wedang Serbat) dengan cara menyeduh air panas irisan tumbuhan jahe lalu tambahkan gula sesuai selera,  diminum ketika hangat.
 
Beberapa buku teks pengobatan menganjurkan wanita hamil agar mengkonsumsi jahe untuk menghilangkan rasa mual dan muntah selama kehamilan. Mengunyah jahe dapat merangsang pengeluaran air liur dan cairan pencernaan, sehingga dapat mengurasi mual dan muntah.


Sumber :
Buku Tanaman Obat , disusun oleh Ati Ratiwi
http://www.warintek.ristek.go.id/pertanian/jahe.pdf



Baca Juga :
Tanaman Obat
Minuman Sachet Jahe yang menghangatkan dan menyegarkan

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kumpulan Postingan DUNIA KITA

Kaos Wayang SASONO RINGGIT