Friday, September 14, 2012

Semar Ngejowantah Mbabar Jati Diri [i]

Bersumber dari sabda dan perintah para sesepuh dan pinisepuh Tanah Jawa (Kaki Lurah Semar Bodronoyo, Petruk, Tedjo Mantri (Togog)) dan Eyang Danang Suto Widoyo) melalui komunikasi batin, penulis berupaya menyampaikan amanat, petunjuk dan pituah-pituah yang dirangkumnya sebagai pedoman dalam mencari jati diri serta mengetahui makna dari kehidupan sejati : "Berasal dari tidak ada,  menjadi ada, dan akan kembali kepada ketiadaan". Berangkat dari 3 pertanyaan mendasar : Darimana sumber kehidupan , apa yang harus dilakukan dalam menjalani kehidupan dan akan kemana tujuan akhir manusia selesai menjalani dharma kehidupan.

semar
http://tinyurl.com/tokohsemar

Berbagai petunjuk dan tuntunan yang baik terkadang kita butuhkan untuk mengetahui makna dari kehidupan yang sebenarnya, menghidupkan rasa (hati nurani) sebagai utusan Tuhan Yang Maha Kuasa, menjadi guru penuntun perjalanan hidup sejati . Bahwa sesungguhnya alam jagad raya semesta ini digelar tak lain sebagai sarana kehidupan bagi semua manusia, maka sudah sepatutnyalah dirawat, dijaga kelestariannya selaku sumber daya kehidupan bersemboyankan "Hamemayu Hayuning Bawono".

Sang Hyang Ismoyo (Kaki Lurah Semar Bodronoyo) selaku juru pamong mengemban tugas untuk memberi tuntunan kepada manusia  agar bisa mengetahui makna dan arti kehidupan yang hakiki, kemudian segera memahami kewajiban dalam menjalani kehidupan di dunia. "Kenalilah dirimu sebelum kamu mengenal Tuhanmu". Hendaklah manusia selalu eling (ingat kepada Sang Pencipta) dan senantiasa menjalankan budi pekerti yang luhur.

Dibekalinya kita dengan hati nurani, kemampuan untuk merasa adalah anugerah berharga dalam menjalani kodrat hidup yang dapat membantu kita untuk menentukan mana yang salah dan mana yang benar, disamping karunia akal.

Sumber : Buku Semar Ngejowantah Mbabar Jati Diri , Karya Wawan Sujiyanto

semar



Baca Juga :
Semar Ngejowantah Mbabar Jati Diri

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kumpulan Postingan DUNIA KITA

Kaos Wayang SASONO RINGGIT