Thursday, September 6, 2012

Memahami Dasar SEO



SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yang bila dialihbahasakan berarti optimisasi mesin pencari. Optimisasi adalah peningkatan kinerja agar mencapai hasil terbaik, sementara kata ‘mesin pencari’ tidaklah benar-benar berupa mesin melainkan sarana untuk melakukan pencarian suatu informasi saat kita memasukkan suatu kata kunci. Demikianlah kira-kira penyederhanaannya.

seo
http://tinyurl.com/memahamiseo
Ketika anda membuat blog atau website, anda akan menggunakan blog atau website anda untuk memasang tulisan-tulisan yang mewakili tema blog dengan tujuan berbagi ataupun bisnis. Dalam tulisan-tulisan dalam blog atau website tersebut terdapat suatu kata yang menjadi kata utama yang merupakan pokok bahasan yang dikenal dengan kata kunci atau keyword. Tulisan berisi keyword ini nantinya yang akan ‘terambil’ oleh search engine seperti Google manakala ada yang mencari informasi yang mengandung kata kunci yang sama dengan yang terdapat pada tulisan anda. Tulisan juga disebut postingan. Agar postingan anda sering diambil Google dan tampil di posisi teratas di halaman awal, anda harus mengoptimalkan isi dari postingan-postingan anda dengan topik-topik yang variatif; dan inilah yang disebut dengan SEO. Apa yang dimaksud postingan harus variatif?





Pertama, postingan anda harus fresh ide anda sendiri atau kata-kata yang dirangkai sendiri, bukan hasil salinan dan tempelan dari blog atau website orang lain. Tindakan demikian bisa kena sanksi serius karena anda melakukan pelanggaran copyright. Di dalam postingan anda cetak tebal kata-kata kuncinya agar mesin pencari mudah mengenalinya. Kedua, tulis postingan sewajar mungkin dengan tidak mengulang-ulang kata kunci agar Google tidak menganggap postingan anda berupa spam. Ketiga, perhatikan tata letak sidebar yang sebaiknya hanya berada pada satu sisi saja, tidak di kedua sisi. Dengan begitu, postingan anda pasti akan muncul dalam posisi yang bagus di mesin pencari. Keempat, buatlah postingan yang dapat bertautan dengan postingan lainnya, misalnya dengan menyisipkan ‘lihat di sini’ atau ‘Baca Juga’ yang mengarahkan pembaca untuk mengklik link tersebut. Pastikan tidak ada link yang rusak. Tentu masih banyak strategi lainnya dalam upaya SEO yang dapat anda lakukan, tetapi keempat langkah diatas merupakan dasar yang terpenting.





Baca Juga :

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kumpulan Postingan DUNIA KITA

Kaos Wayang SASONO RINGGIT