Monday, August 13, 2012

Menikmati Kesenian Tradisional Khas Indonesia : Wayang

wayang
http://dandeesukagambar.deviantart.com/art/wayang-golek-17612530

Wayang bagi masyarakat Indonesia bukanlah suatu hal yang asing lagi. Bagaimana tidak, hampir disetiap acara pernikahan, sunatan atau syukuran seringkali menghadirkan wayang. Di Indonesia, ada banyak sekali jenis wayang diantaranya wayang orang, wayang golek, wayang kulit,dll. 



 
Di setiap pertunjukkan seni yang bernama wayang selalu ada sebuah cerita yang akan ditampilkan dan biasanya mengandung beberapa makna.





Dalam pertunjukkan wayang, selalu ada orang yang menjadi dalangnya. Dalang adalah orang yang bercerita dan mengisi suara dari setiap lakon ( tokoh ) dalam dunia perwayangan. 




Cerita yang sering diangkat dalam pertunjukkan wayang adalah seperti rama shinta tetapi saat ini sudah banyak dalang wayang yang mengangkat cerita modern dan menyisipkan sedikit permasalahan-permasalahan di negeri kita ke dalam sebuah cerita wayang. 



Dalam sekali pertunjukkan wayang biasanya memakan waktu hingga berjam-jam dan harga sewa untuk sepaket pertunjukkan wayang mencapai puluhan juta rupiah. 




Wayang adalah kesenian yang murni dan asli berasal dari Indonesia. Wayang tersebut berkembang dengan pesat di Bali dan kepulauan Jawa. Tetapi ada beberapa daerah di pulau sumatera dan juga semenanjung Malaya yang memiliki beberapa koleksi atau cerita wayang hanya saja sudah tercampur dari kebudayaan Hindu dan juga jawa. Bentuk dari wayang tersebut adalah ditampilkan melalui dinding yang nantinya akan terlihat bayangan. Seperti pertunjukkan boneka. Wayang yang digunakan dalam pertunjukkan juga termasuk suatu hal yang sakral sehingga tidak boleh dimainkan sembarangan. Konon ada yang usianya sampai 100 tahun lebih.




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kumpulan Postingan DUNIA KITA

Kaos Wayang SASONO RINGGIT