Monday, July 23, 2012

Info [Pengetahuan SEO I]

Ketika sebuah blog atau website selesai dibuat, langkah penting berikutnya adalah melakukan Optimalisasi yang bertujuan untuk mendatangkan pengunjung melalui layanan mesin pencari. Serangkaian proses dan teknik optimalisasi untuk mempromosikan blog dan website kita agar terbaca oeh search engine inilah yang populer dengan sebutan SEO (Search Engine Optimalization).

Referensi kali ini diambil dari sebuah buku : Jago SEO karangan Su Rahman.

seo


Menurut penulis, SEO adalah serangkaian teknik yang dilakukan untuk memperbaiki ranking atau urutan hasil pencarian di mesin pencari dengan mengoptimalkan keyword melalui meta tag. Ada 5 jenis meta tag yang dapat dioptimalkan untuk mensukseskan SEO yaitu :
1.Title Tag
2.Meta Description Tag
3.Meta Keyword Tag
4.Img Alt Tag
5.Body Tag

Selain teknik optimalisasi melalui meta tag, ada juga teknik tambahan lainnya yaitu pembangunan backlink.

Tidak semua teknik upaya SEO itu aman dilakukan bagi sebuah blog dan website. Search Engine memiliki kemampuan untuk mendeteksi teknik-teknik nakal yang sering dipergunakan untuk menaikkan posisi hasil pencarian. Teknik nakal ini diistilahkan dengan Black Hat SEO. Page Cloaking adalah salah satu contoh teknik Black Hat SEO dengan memanipulasi halaman melalui berbagai macam cara : membuat banyak keyword di halaman body website dengan menyamarkannya senada warna background layar, memasukkan gambar dengan banyak keyword di bagian Img Alt Tag serta membuat link untuk memandu search engine ke halaman yang telah dibanjiri keyword pilihan.

Memanipulasi Search Engine dengan Black Hat SEO akan cepat membuat suatu blog atau website menduduki peringkat dan urutan tertatas, namun bila search engine pada akhirnya mengetahui lalu memvonis tindakan yang dilakukan sebagai teknik nakal maka sebagai konsekuensinya situs tersebut akan terkena ban dan terblokir untuk selamanya sehingga tidak dapat lagi ditemukan melalui mesin pencari.

White Hat SEO adalah teknik yang natural dan lazim diterapkan dengan mengoptimalisasi keyword melalui  5 macam meta tag sebagaimana yang telah disebutkan di atas, sekalipun terkesan jauh lebih lambat dalam mencapai tujuan tampilan peringkat halaman, namun blog dan website kita akan relatif jauh lebih aman dari ban serta pemblokiran index database oleh search engine.

Memahami aturan main yang jelas selayaknya menjadi sebuah pengetahuan yang berharga untuk diketahui agar jangan sampai ada penyesalan di belakang. SEO Natural membutuhkan waktu, karena semua berproses dengan wajar mengikuti ketentuan dari search engine tanpa upaya manipulasi yang beresiko.



Bagian I : Proses Pembelajaran Pemahaman SEO






No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kumpulan Postingan DUNIA KITA

Kaos Wayang SASONO RINGGIT