Thursday, July 25, 2013

Pembukaan Bukber II PELANGI BANGSA [Program Pembinaan Kerajinan Tangan Kreasi Kertas Koran] , 28 Juli 2013

Tulisan di bawah ini dibuat dalam rangka memberikan gambaran singkat tentang PELANGI BANGSA. [PEnerus LANGkah Impian BANGSA] Rumah Pengetahuan dan Pengembangan Bakat ; Program pembinaan kerajinan tangan kreasi daur ulang kertas koran yang diajarkan kepada adik-adik binaan usia SD dan SMP ; penggalangan dana guna pembebasan lahan dan pembangunan Rumah Pelangi di tahun 2013 sebagai bagian dari event Buka Puasa Bersama Ke II Keluarga Besar Pelangi Bangsa.

Apabila perusahaan anda mencari Program CSR [Corporate Social Responsibility] yang efektif lagi  berkelanjutan terkait dengan kegiatan sosial-pendidikan , maka Program CSR Pelangi Bangsa dapat dijadikan sebagai satu pilihan tersendiri.

Program CSR Pelangi Bangsa menawarkan kerjasama berbasis periode 1 tahun dan dapat diperpanjang. Evaluasi program dilakukan setiap 6 bulan dengan berorientasi kualitas dan karya. Menuju Indonesia Cerdas dan Produktif adalah slogan dan goal (tujuan) yang akan dicapai.





Perihal : Uraian Sesi Pembukaan Buka Bersama PELANGI BANGSA  ,  Event Ramadhan 28 Juli 2013

Assalammualaikum wr, wb.

Alhamdulillah, puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas berkat rahmat karunia dan kasih sayang NYA lah kita semua dapat berkumpul  bersama di kesempatan yang berbahagia lagi mulia ini. Selamat datang kami ucapkan kepada tamu undangan yang kami hormati, terimakasih atas kehadirannya dan semoga berkenan menjadi bagian dari keluarga besar PELANGI BANGSA. PEnerus LANGkah Impian BANGSA. Rumah Pengetahuan dan Pengembangan Bakat.


kegiatan sosial
 
Terimakasih yang tak terhingga , patut pula kami sampaikan kepada pihak Al Jihad yang telah memperkenankan penggunaan salah satu asetnya, sebagai tempat kita untuk menyelenggarakan silaturahmi keluarga besar Pelangi dalam rangka buka bersama di bulan suci Ramadhan yang penuh berkah dan kemuliaan ini dan telah memperkenankan diberlangsungkannya kegiatan sosial-pendidikan rutin mingguan untuk membina adik-adik PELANGI BANGSA sejak beberapa bulan yang lalu hingga hari ini dan insya allah untuk beberapa bulan ke depan hingga manajemen dan keluarga besar PELANGI dimudahkan serta  dimampukan usahanya dalam menggalang dana untuk membangun Rumah Pelangi sebagai wadah pembinaan intensif masyarakat binaan yang berfungsi sebagai  tempat Workshop dan Galeri Produk Karya Pelangi Bangsa.

Mengisi waktu di  sesi pembukaan ini, izinkanlah kami  menyampaikan sedikit informasi dan gambaran mengenai  PELANGI, flash back  perjalanannya beberapa periode terakhir  sampai dengan hari ini serta harapan, cita-cita dan program pengembangannya ke depan yang insya allah bermanfaat bagi seluruh keluarga besar PELANGI BANGSA dan masyarakat binaan. Amin ya rabbal alamin.

PELANGI BANGSA adalah sebuah kegiatan sosial-pendidikan yang dilakukan oleh individu-individu penyuka kegiatan sosial-pendidikan  untuk berbagi ilmu-pengetahuan, pengalaman, keterampilan dan keahlian, serta rejeki kepada masyarakat, khususnya masyarakat binaan. Konsep pembinaan yang kami pilih atas dasar pertimbangan agar proses transfer keilmuan dan keahlian dapat berlangsung secara efektif lagi berkesinambungan.  Tujuan akhir yang ingin dicapai adalah terjadinya  perubahan strategis di masyarakat dengan membentuk sekelompok  individu-individu kreatif  dan produktif .

program csr

Perjalanan pembinaan 6 bulan terakhir (periode Januari-Juni 2013) mulai menunjukkan hasil positif  yang menggembirakan dimana telah dapat teridentifikasi sekitar 10 adik binaan yang berpotensi, berprestasi dan gemar berkarya dari sekitar 25-30an adik-adik Pelangi yang rajin datang rutin di setiap minggunya. Saat ini PELANGI BANGSA baru mampu menyelenggarakan kegiatan sosial-pendidikan seminggu sekali dikarenakan  belum memiliki sumber pendanaan yang kuat dan stabil, sehingga menyebabkan para relawan dan tenaga pengajar harus berusaha keras mencari dana pada hari-hari kerja guna memberikan layanan pendidikan dan keterampilan gratis bagi adik-adik binaan yang pada umumnya didominasi oleh kaum marjinal (Kaum Dhuafa). 

Di  bulan suci Ramadhan yang sarat akan nilai-nilai kebaikan ini, kami mulai memberanikan diri untuk menggalang dana guna  membangun Rumah Pelangi demi meningkatkan optimalisasi dan kualitas layanan pembinaan kepada adik-adik dan masyarakat binaan. Rumah Pelangi  yang akan dibangun diharapkan dapat  menjadi sekretariat, pusat pelatihan dan pembelajaran intensif, Workshop maupun Galeri Karya PELANGI BANGSA. 

Dibutuhkan dana sekitar Rp. 150.000.000,- untuk membebaskan lahan minimal 100 meter persegi dalam upaya menciptakan masyarakat binaan yang cerdas dan produktif. Salah satu program unggulan Pelangi Bangsa adalah Program Pembinaan Kreasi Kertas Koran. Melalui program pembinaan ini, adik-adik diajarkan cara, teknik dan metode khusus untuk dapat memanfaatkan kertas koran dan majalah bekas dan merubahnya menjadi produk-produk kreatif yang memiliki nilai guna fungsional, seperti keranjang, tempat pensil , tempat tissue, topi  dll.
 
program csr

Untuk mewujudkan kehadiran Rumah Pelangi di tahun 2013, maka diadakanlah lelang karya Pelangi Bangsa, yaitu hasil kegiatan sosial-pendidikan 6 bulan terakhir dalam rangka menghimpun dana pembebasan lahan serta memulai proses pembangunan. Cita-cita kami dari Rumah Pelangi inilah nantinya akan dapat berkembang menjadi sebuah Sekolah Rakyat Kreatif. Semoga niat dan cita-cita besar Pelangi dapat segera terwujud, sehingga proses transfer ilmu pengetahuan, keterampilan dan keahlian  bisa dinikmati segenap lapisan masyarakat luas, tak hanya untuk anak-anak usia SD, namun juga remaja, dewasa dan orang tua.

Sebagai bahan evaluasi pembelajaran, kami adakan Lomba Karya Kreasi setiap 2 atau 3 bulan sekali guna mengukur tingkat keberhasilan penyampaian ilmu-pengetahuan dan keterampilan yang telah kami berikan. Lomba pertama telah dilangsungkan pada tanggal 07 Juli 2013 dengan 3 kategori :
1.       Keterampilan (Kerajinan Tangan)
2.       Menggambar
3.       Menulis


 kegiatan sosial

Lomba kedua kami rencanakan akan  diselenggarakan pada bulan September 2013.  Untuk itu kepada para tamu undangan yang ingin menyaksikan langsung bagaimana adik-adik Pelangi berkompetisi menunjukkan hasil  proses pembelajaran yang telah mereka kuasai dalam berkreasi dapat kembali hadir dalam event Lomba Karya Kreasi. 

gambar anak

Selain Program Pembinaan Kreasi Kertas Koran, Pelangi Bangsa juga memberikan layanan pengajaran Matematika GASING [Gampang, Asyik, Menyenangkan]. Sebuah metode pengajaran berhitung (matematika) yang dikembangkan oleh Prof. Yohanes Surya  PhD  dalam upaya memberikan terobosan solutif dan pengalaman belajar baru bagi anak-anak Indonesia.  Pak Yohanes merupakan sosok yang dikenal luas di mancanegara atas keberhasilannya membawa anak-anak Indonesia kerap menjuarai Olimpiade Matematika dan Fisika tingkat dunia (Internasional).  Kami juga memberikan layanan pengajaran bahasa inggris, pengetahuan alam dan pelatihan berbagai macam keterampilan serta jenis keahlian lainnya, disesuaikan dengan ketersediaan waktu para relawan pengajar. Bila sumber dana yang tersedia cukup besar, kami merasa perlu untuk mengundang para profesional dan tenaga ahli untuk mentransfer ilmu dan skill mereka yang dibutuhkan adik-adik dan masyarakat binaan.

Demikian gambaran singkat yang dapat kami sampaikan mengenai PELANGI BANGSA. Semoga semangat dan cita-cita Pelangi untuk senantiasa berbagi ilmu pengetahuan, keterampilan, dan keahlian dapat terus berlangsung  sepanjang masa serta  didukung penuh oleh para donatur, relawan, sahabat Keluarga besar PELANGI BANGSA. 

Seperti Pelangi, Mari bersama mewarnai kehidupan dengan kegiatan sosial-pendidikan. Menuju Indonesia Cerdas dan Produktif.
Wassalamualaikum wr, wb.

PELANGI BANGSA
PEnerus LANGkah Impian BANGSA
Rumah Pengetahuan & Pengembangan Bakat
Info : 0852 1790 6047


kegiatan sosial

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kumpulan Postingan DUNIA KITA

Kaos Wayang SASONO RINGGIT