Saturday, June 22, 2013

Kerajinan Tangan Kreasi Anyaman Kertas Koran [Tatakan Gelas Kotak]

Kerajinan Tangan

Sebahagian orang menyukai kerajinan tangan baik sekedar hobi maupun dijadikan tumpuan profesi. Beberapa sekolah mengajarkan materi kerajinan tangan, seperti menjahit, menganyam, dll. Kerajinan tangan mengasah daya kreativitas individu dalam menyalurkan ekspresi serta menuangkan gairah seni. Sebuah daerah bahkan dapat dikenal luas sebagai pusat penyedia kerajinan tangan, selain mendatangkan pembeli juga para wisatawan lokal maupun global. Tentunya hal ini memberikan dampak positif dan produktif.

Kreasi Anyaman Kertas Koran

Kerajinan tangan dari kertas koran mulai menarik minat masyarakat luas. Berkreasi dengan kertas koran bekas untuk dijadikan produk kreatif serta bernilai fungsi secara berangsur-angsur mulai menjamur. Ketersediaan bahan yang cukup berlimpah lagi ekonomis kian memudahkan proses produksi. Materi Pelatihan Kreasi Kertas Koran lantas dibuat guna menjembatani keinginan masyarakat dalam memberdayakan kertas koran dan majalah bekas. Salah satu teknik yang diajarkan adalah membuat produk dari anyaman kertas, bisa berupa keranjang, topi, kipas dll.

Tatakan Gelas

Salah satu produk kerajinan tangan kreasi kertas koran adalah tatakan gelas. Ada 2 bentuk dasar tatakan gelas yang dapat dibuat, yaitu lingkaran atau kotak. Di bawah ini adalah contoh tatakan gelas kotak yang telah di cat warna merah muda. Ada satu hal  menarik dari kerajinan tangan kreasi daur ulang kertas koran,  dimana hasil akhir produk yang telah di cat akan terkesan mirip dari rotan. Namun, apabila kita melihat produk yang masih natural (belum mengalami proses pengecatan) maka akan dapat terlihat jelaslah bahan baku koran yang digunakan dan tak jarang mendatangkan decak kagumbagi mereka yang melihat langsung. 

kerajinan tangan

program csr

paper craft

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kumpulan Postingan DUNIA KITA

Kaos Wayang SASONO RINGGIT