Thursday, May 16, 2013

Kerajinan Tangan dan Kreativitas

Ada satu korelasi positif yang menarik antara kerajinan tangan dan kreativitas. Mungkin sebuah hipotesa dapat dirumuskan sbb :

Kerajinan tangan dapat meningkatkan kreativitas


Benarkah statement di atas ? Cobalah luangkan waktu sejenak untuk mengunjungi pameran kerajinan tangan di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dll. Perhatikanlah beberapa produk yang menarik perhatian anda atau cermati serangkaian pesan promosi yang diusung secara intensif yang mengedepankan produk primadona yang begitu diunggulkan selama pameran berlangsung.

Amati dan renungkan secara mendalam pemilihan bahan yang digunakan, proses pembuatan serta hasil akhir produk tersebut yang siap dijual. Terkadang ada pesan dan makna filosofis yang demikian kuat terkandung erat dibalik kesemuanya itu.

Adalah benar kala cipta, rasa dan karya menyatu luruh secara utuh lewat pendalaman dan penjiwaan yang begitu tinggi akan nilai-nilai seni dan budaya nusantara. Kita patut bersyukur darah kreatif mengalir deras melalui rentang perjalanan panjang mata rantai sejarah. Terlebih saat kompetisi tajam turut memperuncing keadaan.

Kerajinan tangan dari kertas koran dan majalah bekas mungkin dapat dijadikan sebagai salah satu sampel guna menguji keterhubungan yang dibangun atas dugaan sementara dari kalimat pernyataan di atas. Sebuah hubungan positif yang berbanding lurus terjalin antara kerajinan tangan dan kreativitas.

Kita semua tentu memaklumi bahwasanya seringkali kertas koran dan majalah bekas berakhir pada transaksi tawar-menawar dengan tukang loak. Tak bisakah dilakukan beberapa upaya untuk memberikan nilai tambah dari tumpukan kertas koran dan majalah bekas tersebut ?

Sejalan dengan berlalunya sang waktu di era modernisasi dan globalisasi terkini, arus informasi mengalir demikian cepat dan luas. Gelombang informasi ini membawa nilai pengetahuan yang kaya akan berbagai hal. Pengguna informasi yang sanggup menyerap dan mencerna informasi dengan sebaik mungkin kan sanggup memberikan cara pandang dan sikap yang berbeda. Tak jarang lantas membuatnya menjadi insan produktif

Demikian mungkin sekelumit pemikiran yang dapat disampaikan pada postingan kali ini. Kami yakin dalam skala tertentu, kerajinan tangan kan mampu meningkatkan sisi kreativitas. Sebagai penutup, kami sertakan foto satu set produk tatakan piring hasil anyaman kertas koran dan majalah bekas yang mungkin dapat mendukung serta menguatkan hipotesa di atas.

kerajinan tangan



Salam kreatif.


kerajinan tangan

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kumpulan Postingan DUNIA KITA

Kaos Wayang SASONO RINGGIT