Thursday, November 8, 2012

Too Big To Fail - [Ancaman Krisis Finansial Terhadap Kehancuran Sistem Ekonomi Negara]

Too Big to Fail
http://tinyurl.com/Film-TooBigToFail
Sistem finansial dibangun atas dasar kepercayaan. Ketika nilai-nilai kepercayaan telah dinodai lalu menjadi rusak, maka hancurlah sistem yang telah dibangun. Celakanya sistem finansial memiliki keterhubungan erat dengan sistem ekonomi suatu negara. Kemelekatan erat dari hubungan ini akan dapat membahayakan pula roda dan pilar ekonomi yang tengah berjalan dimana menopang segala aktivitas kehidupan modern.



Film Too Big To Fail menyuguhkan kisah nyata dari rusaknya sistem finansial di tahun 2008 akibat perilaku moral yang buruk yang dilakukan oleh para pelaku bisnis keuangan. Ketika satu peluang bisnis tercipta dan berhasil menciptakan uang yang demikian besar kemudian berkembang sedemikian luas secara sistematis tanpa ditopang dengan prinsip kehati-hatian dan mulai mencederai nilai moral, efek domino negatif yang diakibatkannya laksana bola salju yang siap meluluhlantakkan mesin ekonomi terbaik sekalipun.



Kesemua pihak yang terlibat haruslah bersatu, mencari solusi terbaik secara bersama-sama sebelum badai kebangkrutan melanda negri, menghadirkan revolusi sosial dengan memicu gelombang huru-hara serta  gangguan keamanan. Belajar dari dasyatnya amukan krisis ekonomi : Depresi Hebat di tahun 1929 dimana kemudian memicu perang dunia, krisis finansial kali ini sangat berpotensi untuk mengulangi kembali kejatuhan yang sama apabila tidak ditanggapi secara tepat dan proporsional.

Ada hikmah yang bisa dipetik, bahwasanya ancaman krisis ekonomi terus mengintai sepanjang zaman. Jelas diperlukan sebuah penataan ulang sistem ekonomi global dan praktek berbisnis yang mengedepankan asupan moral serta menjalankan prinsip keadilan dan kemakmuran kolektif. Bila ada satu celah atau lubang yang terbuka, maka kebocoran pada mata rantai ekonomi dunia hanya tinggal menunggu waktu. Sebelum bencana terjadi, sudah semestinyalah langkah-langkah prefentif dan proaktif segera dilakukan !




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kumpulan Postingan DUNIA KITA

Kaos Wayang SASONO RINGGIT