Saturday, October 27, 2012

Sumpah Pemuda

naskah sumpah pemuda
http://tinyurl.com/sumpahpemuda
28 Oktober kerap diperingati sebagai hari lahirnya Sumpah Pemuda, sebuah pernyataan bersama yang diikrarkan oleh kaum muda Indonesia tempo dulu dalam menggalang persatuan dan kesatuan untuk meraih kemerdekaan merah putih. Beraneka ragamnya budaya, suku bangsa dan bahasa mulai dari sabang hingga merauke bukanlah satu alasan kuat bahwasanya perbedaan itu melemahkan, namun dengan kesadaran nasional menjadikan perbedaan sebagai modal untuk saling melengkapi dan memperkaya diri.

Bersatunya segenap unsur kekuatan yang heterogen dilapisi dengan semangat juang yang membaja adalah aset mendasar kejayaan negri. Bukanlah mustahil kemudian, apabila segala macam permasalahan berbangsa dapat diuraikan satu persatu dalam ikatan kesatuan.

Diawali dengan asupan pendidikan, tercermin dalam kesejahteraan ekonomi dan mencipta kemakmuran sosial. Kesemuanya ini hendaknya dilandasi dengan bangun moralitas yang kokoh karena sejatinya manusia tidaklah lah lepas dari perkembangan fisik dan mental.

Jiwa yang sakit dan terdegradasi merusak harmonisasi kehidupan karena hanya mengejar kepentingan sempit, mengorbankan nilai kebersamaan demi mengedepankan hasrat dan nafsu semata. Maka sudah selayaknyalah untuk dikesampingkan atau dikebiri.

 Bila sumpah pemuda telah pernah terucap, adakah gaungnya bagi generasi muda terkini?

sesorah sumpah pemuda
http://tinyurl.com/BangkitlahPemuda






http://simponikehidupan.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kumpulan Postingan DUNIA KITA

Kaos Wayang SASONO RINGGIT