Thursday, September 20, 2012

Cleopatra

Postingan berseri bersumber dari buku Wanita-Wanita Yang Mengubah Dunia

dunia wanita
http://tinyurl.com/Wanita-WanitaYangMengubahDunia

Cleopatra Thea Philopator, seorang wanita berkebangsaan Yunani lahir di Alexandria pada bulan Januari tahun 69 Sebelum Masehi dikenal sebagai ratu mesir, kekasih Julius Caesar dan Marcus Antonius.
Ia adalah tokoh politik dan cinta terbesar di dunia.

cleopatra
http://tinyurl.com/ratucleopatra


Sebagai putri dari Raja Ptolemius XII (Ptolemius Auletes) dari Dinasti Ptolemy yang berasal dari Macedonia ambisinya untuk memegang kekuasaan telah terlihat sejak masih belia. Ia fasih akan budaya serta bahasa Mesir, bahkan ia tak segan menyatakan dirinya sebagai putri Ra, Dewa Matahari Mesir Kuno.

Ketika ayahnya wafat pada tahun 51 Sebelum Masehi, Cleopatra dan saudara laki-lakinya Ptolemius XIII mewarisi kerajaan Mesir. Silsilah keluarga dan tata waris Mesir bersifat matrilineal dimana tahta diturunkan melalui garis keturunan ibu. Agar adiknya yang muda (berusia 12 tahun) dapat berkuasa, ia pun lantas mengawininya. Tak berbeda halnya dengan perkawinan ayah-ibunya yang masih merupakan saudara kandung. Di usia 17 tahun Cleopatra naik tahta. Dominasinya di pemerintahan yang semestinya dikuasai oleh peran lelaki mengabaikan tradisi Dinasti Ptolemaic Mesir.

Saat ia menjadi ratu, telah terjalin persekutuan sebelumnya dari setiap raja Ptolemius dengan kekaisaran Romawi yang sudah berlangsung selama 2 abad. Wilayah kekuasaan Roma terus berkembang hingga membayangi Mesir. Sebagian wilayah Mesir termasuk Cyprus, Siria dan Cyrenaica telah direbut oleh Romawi. Ayahnya (Raja Ptolemius XII) dipaksa membayar upeti agar Mesir tidak dikuasai. Selain tekanan dari Romawi kondisi dalam negri Mesir pun tengah terancam anarki dan bencana kelaparan.

Baca Juga :

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kumpulan Postingan DUNIA KITA

Kaos Wayang SASONO RINGGIT